Info Seputar Mengenai Buah dan Bibit Pisang Unggul

kebun pisang cavendis

Kebun Pisang Cavendis

  • Mengenal buah pisang
  • Manfaat buah pisang bagi kesehatan
  • Peluang bisnis
  • Pembibitan pisang
  • Dari bonggol
  • Kultur jaringan
  • Jenis2 pisang di Indonesia

Kita semua pasti telah mengetahui apa itu pisang. Yah pisang adalah buah-buahan atau yang bernama umum tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku musaceae. Dari beberapa jenisnya menghasilkan buah konsumi, buah ini tersusun memanjang yang disebut sisir, karna buah berbaris seperti sisir. Buah atau bibit pisang biasanya tumbuh subur di daerah yang beriklim tropis, seperti di wilayah asia tenggara, termasuk negara Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, Myanmar, Vietnam, Laos, Brunei, Kamboja, dll.

Buah pisang memiliki manfaat yang begitu banyak terhadap kesehatan bagi tubuh, sudah menjadi rahasia umum kalau buah pisang akan berwarna hijau ketika muda, dan berwarna kuning ketika masak. Di dalam kandungan buah pisang memiliki segudang nutrisi yang baik bagi tubuh kita. Melansir dari Live Science disebutkan bahwa pisang memiliki kandungan vitamin C, B6, mineral magnesium, dan kalium/ potasium. Manfaat ini adalah seperti berikut:

pisang cavendis

Bibit Pisang Cavendis

1. Menjaga kesehatan jantung kita.

kandungan Kalium, yang terdapat di dalam buah pisang dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung, dikarenakan mineral elektrolit ini membuat listrik dapat mengalir keseluruh tubuh sehingga jantung tetap berdetak normal untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

2. Membantu mengatasi depredi.

Memakan buah pisang dapat membantu kita untuk mengatasi depresi, hal itu dikarenakan zat triptofan di dalamnya dapat diubah menjadi serotonin, karna zat ini bagus untuk memperbaiki suasan hati.

3. Menjaga kesehatan mata.

Selain wortel yang terkenal dengan vitamin A nya, ternyata buah Pisang juga memiki kandungan vitamin A yang dapat menjaga mata supaya selaput disekitar mata supaya dapat membawa cahaya ke kornea mata kita.

4. Menjaga tubuh dari terkena kanker ginjal

Menurut beberapa ahli menunjukkan bahwa jika rutin memakan buah pisang akan mencegah terkena kanker ginjal. Hal ini diungkapkan menurut studi di negara Swedia pada tahun 2005 lalu, bahwa wanita yang memakan pisang empat atau enam buah dalam seminggu mengurangi resiko terkena kanker ginja menjadi menurun. Alasan kenapa pisang dapat mencegah terkena kanker ginjal karena di dalam buah pisang terdapat kandungan senyawa fenolik antioksidan.

Peluang bisnis dengan menanam bibit pisang.

Kita semua pasti sudah mengetahui bahwa kalau pertumbuhan pohon pisang tidak mengenal musim, baik di musim penghujan atau musim panas, mereka secara teratur tetap tumbuh dan berbuah. Hal ini ditandai semakin maraknya buah pisang yang dijual di pasara-pasar dan toko buah. Inilah mengapa menanam pisang dapat dijadikan lahan bisnis, karna peluangnya masih terbuka lebar untuk dijual lagi di pengepul, pasar dan produksi rumahan yang menjual roti, es buah, bahkan sebagai campuran membuat bubur.

Pembibitan pohon pisang

Pembibitan pohon pisang sebenarnya relatif mudah, dapat dilakukan dengan dua cara, pertam dengan cara pembonggolan, yaitu teknik memotong batang anak pisang, dan menunggu tunas baru, atau dengan cara kultur jaringan, caranya dengan mencacah kecil-kecil akar umbi bonggol, dengan membiarkan mata tunas disetiap potongan tumbuh. Perlu kita ketahui, bahwa sekarang ini yang dulunya kita anggap remeh, pembibitan pisang begitu digemari oleh beberapa kalangan masyarakat di Indonesia terutama di Jawa, banyak sekali yang menanam pohon pisang dari beberapa jenis dari membeli bibit pisang.

bibit pisang cavendish

Pembibitan pisang dengan cara menanam dari bonggol

Cara menanam dari bonggol pisang yaitu, mengambil anak induk pisang, lalu meletakkan di dalam polibeg yang berukuran 20-25 cm, lalu kita potong anak pisang, dibiarkan umbinya bertuas kembali, kalau sudah muncul akar selama 4 minggu, baru pohon pisang baru dapat di tanam di tanah.

Kedua, dengan cara kultur jaringan

Teknik menggunakan kultur jaringan adalah dengan memotong umbi akar anak pohon pisang menjadi kecil-kecil sebesar 5 cm, lalu dimasukkan ke dalam botol yang berukuran 10 cm, di dalamnya di beri tanah dan air, tunggu hingga umbi tadi tumbuh daun calon anakan pohon pisang. Teknik ini terbukti lebih bagus untuk mendapatkan hasil yang diinginkan seperti induknya.

Leave A Comment

Butuh Bantuan? Chat WA